Malam Ini Sat Lantas Polrestabes Medan Rekayasa Lalu Lintas, Ini Jalurnya

Lalu Lintas

topmetro.news – Demi terselenggaranya malam tahun baru yang aman, kondusif dan lancar Polrestabes Medan bersama instansi terkait melakukan penjagaan, pengaturan dan rekayasa Lalu Lintas pada malam pergantian tahun.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan AKBP, Juliani Prihartini, SIK MH menerangkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait ( Dinas Perhubungan, Satpol PP, pihak KA ), sebagai upaya penanganan Lalu lintas malam pergantian tahun di kota Medan.

“Perlu di ketahui bahwa pada malam pergantian tahun, nantinya ada beberapa obyek titik kumpul masyarakat dalam merayakan Malam Tahun Baru seperti Lapangan Merdeka, Lapangan Benteng ( kegiatan Dzikir Akbar ), Jalan Zainul Arifin, Jalan Ring Road dan obyek lainnya,” ucap Juli Prihartini kepada wartawan, kemarin.

Penjagaan dan Pengaturan

Kondisi tersebut tentunya memerlukan penjagaan dan pengaturan Lalu Lintas yang ekstra, agar tidak berdampak kepada kemacetan total dan masyarakat terhambat dalam melakukan aktivitas ibadah atau ke tempat tujuan lain.

Sesuai hasil rapat koordinasi kami akan melakukan pengalihan Arus Lalu Lintas diantaranya;

– Jalan Guru Patimpus kita gunakan menjadi 2 jalur menuju Jalan Gatot Subroto, dari Jalan Putri Hijau dan Jalan Gatot Subroto bisa ke Jalan Putri Hijau.

– Jalan Balai Kota menuju Kantor Pos ( Jalan Bukit Barisan ) di tutup. Sehingga arus yang dari Lapangan Benteng lurus ke Putri Hijau, apabila memadat akan di tutup dari Depan Kantor Walikota kita alihkan ke jalan Imam Bonjol.

– Arus lalin yang dari Brigjend Katamso dan Jalan Suprapto menuju A. Yani Lapangan Merdeka di alihkan Menuju Jalan MT. Haryono lurus ke Jalan Sutomo.

– Arus lalin dari Jalan HM. Yamin di luruskan ke bank BRI menuju Jalan Putri Hijau dan Merak Jingga menuju Jalan Guru Patimpus ( kecuali penumpang KA)

– Jalan Zainul Arifin kita alihkan ke kiri Jalan Cik Ditiro dan Ke Kanan Jalan Taruma ke kiri menuju Jalan S.Parman.

– Arus lalin dari Jalan S.Parman menuju ke Jalan Kejaksaan kita luruskan menuju Jalan Kapten Maulana Lubis.

Pelaksanaan pengamanan Malam Tahun Baru Polrestabes Medan menerjunkan 1125 personel ( Brimob Polda Sumut, Dit Shabara Polda Sumut, Dit Lantas Polda Sumut, Dishub kota Medan dan Satpol PP ) yang akan ditempatkan pada obyek- obyek kegiatan massa dan pengaturan rekayasa lalu lintas jalan.

“Penutupan Jalan dan Pengalihan Arus Lalu Lintas akan dilakukan Situasional. Apabila pukul 21.00 wib sudah ramai dan memadat kami akan mulai melakukan penutupan jalan.

” Kami juga akan melakukan Publik Adress untuk memberikan himbauan kepada pengguna jalan,” ujar Kasat Lantas.

Bagi Masyarakat yang ingin menikmati malam Tahun Baru di seputaran wilayah Lapangan Merdeka, dapat memarkirkan kendaraan diantaranya;

– Jalan Palang Merah sebelah
kiri depan RM. Garuda

– Sisi kanan kantor Bank BRI
Jalan Putri Hijau

– Sisi Kanan Depan Kantor Pos
Indonesia

– Parkir Hotel Ina Deli

– Dan Lokasi parkir yang
tidak dilarang.

Untuk seputaran Lapangan Benteng dapat memarkirkan kendaraan diantaranya;

– Parkiran Kantor DPRP
Provinsi Sumut

– Parkiran Kantor DPRD
Kota Medan

– Parkiran Kantor
Pengadilan

– Parkiran Kantor Bank
Mandiri Imam Bonjol

– Parkiran Hotel Santika

– Parkiran Wisma Benteng

AKBP Juli Prihartini SH SIK selaku Kasat Lantas Polrestabes Medan, memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan malam pergantian tahun agar berhati-hati dan tertib dalam berkendara.

” Kami menghimbau kepada masyarakat yang kana melaksanakan perayaaan malam Tahun Baru, agar berhati-hati dan tertib dalam mengemudikan kendaraan tetap mematyhi peraturan lalu lintas dan utamakan keselamatan. Jangan sampai menjadi korban kecelakaan lalu lintas, ” himbaunya.

Reporter: Iswandi Nasution

Related posts

Leave a Comment